Merdeka Belajar

Balikpapan, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan ( STITBA ) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( PIAUD), Sabtu 05 Pebruari 2022 menggelar Wibinar Nasional mengangkat Tema Konsep Merdeka Belajar PAUD Menyongsong Era Society 5.0 dengan Narasumber KaProdi PG PAUD Universitas Al-Azhar Indonesia, Nila Fitria,M.Pd dengan Moderator Mahasiswi PIAUD STITBA, Kartini

Dalam pemaparannya Ibu Nila Fitria yang juga Candidate Doktor PAUD UNJI mengatakan bahwa merdeka belajar sesungguhnya bersesuaian dengan Surat Edaran ( SE ) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud ) Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Merdeka Belajar.

Lebih lanjut Narasumber menjelaskan, ' Merdeka Belajar akan meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia dengan modalitas 6 C : Creativity, Collaboration, Critical Thinking Skills, Communication, Computational Thingking dan Compassion,"Jelasnya..

Selain modalitas 6 C sambungnya , ada 5 Teknologi yang menjadi Pilar Utama Menyongsong Era Society 5.0 yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Cloud Computing, Addictive Manufacturing dan Big Data.

Sedangkan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan, ada Tiga Gelombang Disrupsi Revolusi Industri 4.0 terhadap Pendidikan yaitu Disrupsi Milenial, Disrupsi Teknologi dan Disrupsi Kompetensi, tekannya.

Dengan pola pikir terbuka maka kita dituntut untuk memiliki kreativitas dengan beradaptasi terhadap perubahan.

Bukan yang kuat menjadi besar, bukan yang besar menjadi berjaya.

"Lkukanlah Sistem Among ; Asah,Asih dan Asuh,tutupnya.

Acara yang dihadiri dari berbagai praktisi PAUD ini, Kata Sambutan Pembuka oleh Ketua STIT Balikpapan, Bapak Khairul Anam Siddeh,S.Ag,.M.Si, dan diakhiri Pemberian Sertifikat kepada peserta yang aktif mengikuti materi hingga akhir